Kesulitan Mengatur Keuangan Bisnis? Ini Tips Mengelola Keuangan Bisnis Anda Dengan Aplikasi Software



Kesulitan Mengatur Keuangan Bisnis? Ini Tips Mengelola Keuangan Bisnis Anda Dengan Aplikasi Software

Kesulitan Mengatur Keuangan Bisnis? Ini Tips Mengelola Keuangan Bisnis Anda Dengan Aplikasi Software

Mengapa Perlu Belajar Cara Mengatur Keuangan Bisnis?

Sebelum membahas tentang cara mengelola keuangan bisnis, Anda perlu mengetahui pentingnya hal tersebut.

Dalam manajemen keuangan bisnis perusahaan, terdapat berbagai cara pebisnis untuk mengatur keuangan bisnisnya. Semuanya satu tujuan, membuat sistem keuangan sehat sehingga perusahaan tetap mampu bertahan, berkembang, serta bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.

Sebaliknya, jika Anda kurang memperhatikan cara mengatur keuangan usaha, konsekuensi yang harus dihadapi adalah berkurangnya pendapatan, kalah bersaing dengan perusahaan lain, atau bahkan mengalami kebangkrutan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempelajari cara mengelola keuangan bisnis.

Dalam merintis bisnis ada banyak pebisnis pemula yang gagal mengatur keluar dan masuknya alur keuangan. Agar bisnis yang Anda jalankan dapat terus berkembang maka mengatur keuangan adalah hal yang paling efektif yaitu syarat mutlak. Berikut adalah cara agar bisa mengatur keuangan secara efektif, antara lain:

1. Budgeting 

Membuat Perencanaan Keuangan (budgeting) sangat perlu diterapkan dalam berbisnis. Dengan menyusun budgeting, Anda harus menetapkan target dan perencanaan jangka pendek hingga jangka panjang untuk membantu mengatur keluar masuknya keuangan bisnis Anda dengan target yang ditetapkan.

Lakukan secara berkala dalam menyusun budgeting, mulai dari berapa dana pengeluaran yang dibutuhkan hingga pemasukan yang diterima. Anda juga bisa mengatur Keuangan dengan menggunakan Software yang dibuat oleh Programmer seperti erporio.com .Hal ini akan mempermudah anda dalam menggunakan uang sebaik mungkin, karena setiap kebutuhan berbeda setiap bulannya.

2. Menggunakan Software Untuk Keuangan Bisnis

Software membantu perusahaan dalam mendukung, meningkatkan, dan membuat proses Bisnis anda berjalan otomatis. Dengan begitu, Pekerjaan anda kian lebih efektif.

Pada saat ini, Perusahaan Besar maupun UMKM menggunakan Software untuk membuat pekerjaan lebih efisien dan tidak menghambat atau memperlambat kinerja Anda. 

Tetapi, tidak sedikit juga karyawan yang malah menghabiskan waktu untuk mencari data dan mencari apa yang harus dilakukan dalam menggunakan software yang dibuat oleh Programmer. Anda harus berhati-hati memilih Web Software Pembuatan Aplikasi Bisnis. Carilah Web Software yang terpercaya keamanannya seperti erporio.com untuk mendukung bisnis Anda berkembang.

3. Memisahkan Uang Pribadi dengan Bisnis

Memisahkan uang pribadi dan uang bisnis akan lebih mudah melakukan pembukuan usaha yang menjadi lebih terstruktur. Dengan memisahkan rekening Anda dan bisnis, akan memperkecil resiko pertanggungjawaban jika pendapatan usaha digunakan untuk keperluan pribadi. Sehingga, Anda lebih mudah mengetahui kondisi keuangan bisnis apakah stabil atau tidak.

4. Membuat Laporan Keuangan

Proses laporan keuangan yang disebut dengan proses pembukuan, menjadi proses penting dalam menjalankan bisnis Anda. Proses ini akan merekap data keseluruhan informasi pengeluaran dan pemasukan yang didapat. Biasanya pebisnis pemula kebingungan jika menggunakan Aplikasi software antara jumlah pendapatan dan pengeluaran bisnisnya. 

5. Menyiapkan Keuangan Cadangan  

Dalam Menjalani bisnis pasti ada masanya ketika bisnis yang kita jalani mengalami kerugian. Walaupun melakukan perencanaan sebaik mungkin, terkadang hal-hal yang diluar prediksi kita terjadi.

Masalah bisnis yang datang tentu sangat berpengaruh pada keuangan bisnis kita, salah mengambil langkah dalam melewati masalah tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai cara lain jika keadaan buruk terjadi. 

Pastikan Anda memiliki uang cadangan untuk membantu Anda meringankan beban sehingga Anda bisa memutar balikan uang tersebut untuk melanjutkan kembali bisnis yang Anda impikan. 

6. Memanfaatkan Teknologi

Hal yang menjadi kendala dalam mengelola keuangan bisnis yaitu dibutuhkannya ketelitian dan konsistensi untuk mengatur cash flow agar tidak berantakan. Banyak aplikasi software yang dapat membantu laporan keuangan secara detail untuk dapat mempermudah pekerjaan Anda. 

7. Menurunkan Biaya Produksi

Dengan memahami cara mengelola keuangan usaha, Anda bisa menemukan celah untuk menurunkan biaya produksi tanpa perlu menurunkan kualitas. Sebagai contoh, mengurangi penggunaan air dan listrik, meminta potongan harga pada customer langganan, atau membeli persediaan barang dengan harga grosir. Langkah seperti ini dapat menjaga biaya produksi serendah mungkin sekaligus membuat arus kas lebih baik lagi.  

8. Mengetahui Jumlah Modal yang Dikeluarkan

Memulai pengelolaan keuangan yang baik, Anda dapat mengetahui jumlah keuangan yang dikeluarkan untuk pembelian aset bisnis. Aset tersebut yang akan menghasilkan pendapatan bagi bisnis yang Anda pun akan mampu menyeimbangnkan keuangan untuk belanja modal dengan aset yang dihasilkan. Ini perlu diperhatikan dan dilakukan agar bisnis Anda terhindar dari kerugian. 

9. Investasi 

Walaupun skala usaha kecil, bukan berarti Anda mengabaikan peluang masa depan melalui investasi. Tidak ada salahnya menyisihkan keuangan guna berinvestasi pada instrumen yang berpotensi membantu perkembangan usaha Anda di kemudian hari. Ingat, Pengusaha harus mampu melihat peluang dan memanfaatkannya seoptimal mungkin untuk meraih keuntungan yang lebih besar. 

10. Alokasikan Keuntungan dengan Tepat

Sudah mendapatkan keuntungan yang lumayan dari bisnis Anda?

Langkah penting adalah menentukan keuntungan tersebut dengan baik. Pastikan Anda mengetahui cara mengatur keuangan usaha yang tepat.

Dengan cara melihat kembali perencanaan dan catatan keuangan bisnis Anda. Dengan cara mengatur keuangan bisnis, uang perusahaan tidak macet dan bisa terus berkembang.

11. Menyusun Anggaran Secara Rutin

Tidak hanya mencatat transaksi, membuat anggaran juga menjadi tips mengatur keuangan usaha yang penting untuk dilakukan. 

Anggaran bertujuan membatasi pengeluaran agar tidak berlebihan. Sehingga perencanaannya harus dilakukan secara teratur, misalnya seminggu atau sebulan.

Menyusun anggaran secara jelas juga bisa meningkatkan tujuan yang maksimal untuk sebuah usaha. Hal ini sangat baik bagi bisnis Anda dalam jangka waktu yang  panjang,

Saat menyusun anggaran, Anda harus mempertimbangkan catatan pada buku kas atau bisa memakai aplikasi bisnis yang dibuat oleh programmer seperti di erporio.com untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang perlu ditambahkan ataupun yang dikurangi.

12. Mengawasi Arus Keuangan

Mengawasi Arus Keuangan berfungsi mengawasi arus kas perusahaan untuk mencegah adanya kebocoran atau pengeluaran keuangan yang tidak wajar.

Mengawasi jalan keuangan memang hal yang tidak mudah bagi seorang pebisnis  karena memerlukan ketelitian dan tanggung jawab yang besar dalam pengelolaanya.

Kelancaran arus keuangan akan mempengaruhi kesuksesan usaha, terutama bagi yang bisnis yang memiliki pergerakan uang yang sangat cepat.

13. Target yang Ingin Dicapai Perusahan

Mengelola keuangan usaha Bisnis kecil adalah dengan menetapkan target perusahaan. Seberapa besar target yang harus Anda capai dalam sebulan, dalam 3 bulan, ataupun dalam setahun.

Target tersebut meliputi, jumlah profit yang harus dicapai dalam upaya untuk mengembangkan perusahaan serta mensejahterakan para karyawannya. Dengan penetapan ini, Anda dapat lebih fokus pada strategi yang harus digunakan, hingga memastikan setiap penjualan menghasilkan keuntungan.

14. Siapkan Petty Cash

Dalam menjalankan pekerjaan, ada baiknya Anda juga menyediakan petty cash dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Petty cash merupakan uang kas yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan harian pekerja. Misalnya membeli kopi, galon air, dan belanja harian lainnya yang tidak terlalu besar.

Lebih baiknya lagi kalau Anda menyediakannya dalam bentuk uang tunai pecahan kecil. Karena itu transaksi yang dilakukan terjadi biasanya  dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

15. Evaluasi Kerjasama Bisnis

Anda tentu memiliki kerja sama bisnis dengan banyak pihak, mulai dari penyedia layanan di aplikasi, supplier, distributor, hingga kurir. Mereka juga akan jadi bagian dari bisnis Anda. Sayangnya, tidak semua dari pihak memberikan keuntungan yang lumayan untuk bisnis kita.

Keuntungan bisnis tidak hanya dilihat Anda dari uang saja. Bisa jadi sebagian dari mereka menjaga kualitas dari produk Anda atau membuat produk Anda lebih cepat sampai ke tangan konsumen. Sedikit banyak hal tersebut akan mempengaruhi konsumen dalam pembelian pada akhirnya menciptakan keuntungan.

Coba Anda evaluasi lagi kerja sama dengan semua pihak tersebut. Hanya pertahankan kerja sama dengan pihak yang membantu bisnis Anda berkembang baik dan mendapat keuntungan yang maksimal.

16. Kembangkan Bisnis dari Keuntungan 

Keuntungan harus diputar agar bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar di masa akan datang. Anda perlu strategi yang akurat untuk menggunakan keuntungan menggembangkan bisnis. Ada cara yang dapat Anda lakukan yaitu sebagian keuntungan dijadikan dana investasi, menambah produk penjualan dan membuka cabang usaha. Ketika mengatur keuangan bisnis harus dipastikan mengutamakan hal yang penting yaitu kebutuhan bisnis. Jangan menggunakan semua keuntungan bisnis untuk keperluan pribadi Anda.

Sebagai pebisnis tentunya Anda memerlukan layanan pengiriman. Sebab itu, kerja sama dengan perusahaan profesional sangat penting. Percayakan kebutuhan pengiriman kepada ERPORIO.COM! Dapatkan harga kompetitif dan Daftar Gratis dari Erporio sehingga bisnis Anda semakin untung.

Atasi Masalah Pengelolaan Keuangan Bisnis Anda dengan Software Erporio

Saat ini banyak sekali orang yang menawarkan produk software akuntansi dengan kata-kata menyelesaikan permasalahan keuangan bisnis. Salah satu yang bisa menjadi pilihan berbagai keunggulan dalam memecahkan permasalahan keuangan adalah Erporio. Software Invoice memiliki fitur-fitur lengkap yang dapat disesuaikan dengan jenis bisnis Anda.

Sulit Melacak Keuntungan dan Kerugian

Masalah yang sering terjadi bagi pebisnis adalah tidak terukurnya kemampuan dalam berbisnis. Pebisnis tidak mengetahui apakah untung atau rugi. Bisa jadi uang yang Anda dapat dari bisnis lebih banyak digunakan untuk keperluan pribadi sehingga kurang jika digunakan belanja modal atau tidak mampu membayar operasional usaha. Maka usaha Anda akan bangkrut dan tutup.

Anda dapat melihat kemampuan dan kondisi bisnis dalam satu dasbor di Erporio.Sehingga mempermudah dalam melihat kondisi bisnis di mana saja dan kapan saja.

Selain dasbor, Anda juga dapat membuat laporan keuangan mulai dari mengirim pengingat pembayaran, melacak pengeluaran, mencatat jam kerja, mendapatkan pembayaran lebih cepat, arus kas, perubahan modal, laba-rugi, pembelian-penjualan, hingga laporan stok barang secara komplit. Jadi tidak ada lagi kesulitan untuk mengetahui kemampuan bisnis.

Menjalankan bisnis harus fokus pada peningkatan penjualan dan mendapatkan keuntungan sebaik mungkin. Namun, ada hal yang dilupakan oleh banyak pebisnis untuk mencapai kesuksesan, yaitu mengatur arus keuangan untuk terus menjalankan usahanya. Cara mengatur keuangan bisnis dimulai dari mengelola modal yang dimiliki dan keuntungan yang Anda dapatkan.

Risiko kerugian tetap akan selalu ada sepanjang Anda menjalankan usaha bisnis. Namun, semua itu bisa dikurangi dengan pengelolaan keuangan yang teratur dan jelas. Bahkan, tidak mustahil keuntungan yang bisa didapat bisa lebih maksimal.


 

ERP Digital For You!

Bergabunglah Sebagai Exhibitor di IBSE 2024: Wadah Bisnis Terdepan untuk Ekspansi dan Kolaborasi!

Bergabunglah Sebagai Exhibitor di IBSE 2024: Wad

Yogyakarta, 22 Januari 2024 - IBSE 2024,  Kepada Para Pelaku Bisnis yang Berbakat dan Berani Berinovasi, Pesta bisnis internasional terbesar yang diselenggarakan oleh JCI Chapter Borobudur, kini membuka pintu bagi Anda untuk bergabung sebagai exhibitor! Inilah peluang luar biasa untuk mengu

Pinjaman Online: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Daftar Aplikasinya

Pinjaman Online: Pengertian, Kelebihan, Kekurang

Kemajuan pesat teknologi telah mengubah lanskap keuangan dengan munculnya pinjaman online, menjadi solusi praktis bagi individu dan perusahaan yang membutuhkan dana tambahan. Dengan proses cepat, fleksibilitas, dan aksesibilitas yang mudah, pinjaman online menawarkan keuntungan yang menarik. Namun,

DHCP: Memudahkan Konfigurasi Jaringan dengan Alokasi Alamat Dinamis

DHCP: Memudahkan Konfigurasi Jaringan dengan Alo

DHCP, atau Protokol Konfigurasi Host Dinamis, telah menjadi elemen krusial dalam pengelolaan jaringan modern, memainkan peran vital dalam menyederhanakan dan mengotomatiskan proses pemberian alamat IP. Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, DHCP menjadi solusi efisien dalam mengatur dan




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia

We Have Collaborated With

Some company/organization that have collaborated with us

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya Jasa Pembuatan Website BUMN dan Kementerian Terpercaya